LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN
DAN PROFESI GURU
( LP 3 G)
IKIP PGRI SEMARANG
DAN PROFESI GURU
( LP 3 G)
IKIP PGRI SEMARANG
Unesco
telah mencanangkan empat pilar pendidikan , yang meliputi, "learning to
know, learning to do, learning to be", dan "learning to live
together". Dengan demikian pendidikan dapat dimaknai sebagi suatu usaha
untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan dan berguna bagi kehidupan.
Belajar
sebagai suatu proses dalam pendidikan diharapkan menghasilkan perubahan dalam
ranah kognitif, peningkatan kompetensi, serta pemilihan dan penerimaan secara
sadar terhadap nilai, sikap, penghargaan, perasaan, serta kemauan untuk berbuat
atau memberikan respon atas suatu stimulus. Pendidikan membekali manusia tidak
sekedar untuk mengetahui, tetapi lebih jauh untuk terampil berbuat atau
mengerjakan sesuatu sehingga menghasilkan sesuatu yang bermakna bagi kehidupan.
Penguasaan
pengetahuan dan keterampilan merupakan bagian dari proses menjadi diri sendiri
(learning to be). Menjadi diri sendiri diartikan sebagai proses pemahaman
terhadap kebutuhan dan jati diri. Belajar berperilaku sesuai dengan norma dan
kaidah yang berlaku di masyarakat, belajar menjadi orang yang berhasil,
sesungguhnya merupakan proses pencapaian aktualisasi diri. Dengan kemampuan
yang dimiliki, sebagai hasil dari proses pendidikan, dapat dijadikan sebagai
bekal untuk mampu berperan dalam lingkungan di mana individu tersebut berada, dan
sekaligus mampu menempatkan diri sesuai dengan perannya. Pemahaman tentang
peran diri dan orang lain dalam kelompok belajar merupakan bekal dalam
bersosialisasi di masyarakat (learning to live together).
Dalam
upaya memenuhi empat pilar pendidikan tersebut di atas, pendidikan secara
kelembagaan harus dikelola secara cerdas dan profesional. Proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan dalam pendidikan harus dilakukan
secara sistemik dan sistematis serta diarahkan pada pencapaian tujuan
pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
Pencapaian
tujuan pendidikan nasional tersebut tidak dapat diserahkan hanya kepada
pemerintah saja, tetapi harus melibatkan seluruh komponen bangsa termasuk
kalangan akademisi atau perguruan tinggi. Dalam upaya tersebut, IKIP PGRI
Semarang selaku lembaga pencetak guru membentuk Lembaga Pengembangan Pendidikan
& Profesi Guru (LP 3G) sebagai
sarana untuk berperan serta secara aktif.
Lembaga
ini dibentuk sebagai perwujudan dari kesadaran untuk memenuhi 4 pilar
pendidikan UNESCO dalam kerangka program Tri Dharma Perguruann Tinggi serta
untuk melakukan kajian, evaluasi, analisis, dan interpretasi yang handal dan
sahih agar pimpinan perguruan tinggi selalu dapat memperoleh gagasan dalam
perencanaan pengembangan pendidikan, menyediakan layanan dan bantuan kepada
staf akademik dan masyarakat pendidikan untuk peningkatan kemampuan dalam
proses pembelajaran, dan bersama dengan unit kerja yang relevan melakukan
evaluasi hasil dan proses pembelajaran yang ditujukan untuk peningkatan
kualitas yang berkelanjutan. Sampai pada akhirnya, diharapkan lembaga tersebut
dapat berfungsi sebagai point of reference dalam pengambilan kebijakan dalam
hal mutu pendidikan, sistem, dan efektivitas kegiatan pembelajaran.
LP3G
IKIP PGRI Semarang berperan mendorong efektivitas dan optimalisasi proses
pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi: 1) fungsi
layanan (seperti layanan media, pelatihan, konsultansi pembelajaran, dan
sebagainya); 2) fungsi produksi (pengadaan/pengembangan media pembelajaran); 3)
fungsi penelitian dan pengembangan; dan 4) fungsi lain yang relevan dalam upaya
meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran.
Hal ini
sejalan dengan visi IKIP PGRI Semarang untuk menjadi LPTK yang mampu mencetak
guru professional dan berjati diri yang memiliki kompetensi pedagogik,
kepribadian, professional dan sosial.
LP3G
IKIP PGRI Semarang merupakan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi di
IKIP PGRI Semarang. Lembaga ini berada langsung dibawah Rektor IKIP PGRI
Semarang. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi IKIP PGRI Semarang atau
disingkat LP3G IKIP PGRI Semarang ini memiliki pusat-pusat pengembangan, yaitu
:
1. Pusat
Pengembangan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Microteaching dan Sumber Belajar
(P3MSB)
2. Pusat
Pendidikan Pelatihan dan Pelayanan Bahasa (P4B)
3. Pusat
Konseling, Psikologi dan Pengembangan Karir (PKPPK)
Dari
pusat-pusat pengembangan diatas, masing-masing memiliki tujuan dan program
kerja yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan dan profesi.
Visi
Mewujudkan pendidikan yang bermutu dan profesional
Misi
1. Memberikan
layanan konsultan peningkatan kapasitas kelembagaan institusi pendidikan dan
pelatihan
2. Memberikan
layanan konsultan peningkatan kapasitas sumber daya manusia institusi pendidikan,
pelatihan, dan umum
3. Menyelenggarakan
pelatihan dalam berbagai aspek di bidang pendidikan formal (sekolah, madrasah,
perguruan tinggi), pendidikan luar sekolah, pendidikan usia dini, pendidikan
masyarakat, dan umum
4. Melakukan
penelitian dan pengkajian bidang pendidikan dan pengembangan profesi
5. Mensosialisasikan
hasil-hasil kajian, penelitian dan sebagainya yang terkait dengan pengembangan
pendidikan dan profesi dalam bentuk bahan cetak, compact disk, dan publikasi di
media massa.
6. Berpartisipasi
secara aktif dalam mewujudkan motto IKIP PGRI Semarang, Melaju Dengan Mutu
Fungsi
- Mengkaji,
mengembangkan, dan menyelenggarakan pendidikan profesi kependidikan.
- Mengkaji
dan mengembangkan, kurikulum dan model-model evaluasi pendidikan profesi
kependidikan.
- Mengkaji,
mengembangkan dan memberikan pelayanan media pendidikan untuk mengembangkan dan
meningkatkan kompetensi profesi pendidikan dan tenaga kependidikan.
- Mengkaji,
mengembangkan dan memberikan pelayanan Psikologi, Bimbingan konseling dan bursa kerja.
- Mengkaji,
mengembangkan dan menyelenggarakan pelatihan dan pelayanan bahasa.
- Mengkaji,
mengembangkan dan menyelenggarakan Program Pengalaman Lapangan.
- Mengkaji,
mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi pedagogik,
kepribadian dan sosial bagi program pelatihan bidang kependidikan.
Tujuan
- Mengembangkan
pendidikan dan profesi guru dan tenaga kependidikan.
- Mengembangkan
jejaring kerjasama dengan instansi pendidikan dan non kependidikan.
- Meningkatkan
daya saing IKIP PGRI Semarang.
- Menyelenggarakan
penelitian dan pengkajian bidang pendidikan dan profesi guru dan tenaga
kependidikan.
- Memberikan
pelayanan dan pelatihan kepada dosen, mahasiswa, tenaga administrasi, dan masyarakat
umum.
- Memberikan pelayanan jasa konsultasi
dan pendampingan kepada dosen, mahasiswa, tenaga administrasi, dan masyarakat
pendidikan.
- Mengembangkan
research based instruction.
1. Pusat
Pengembangan PPL Microteaching dan Sumber Belajar-Mengajar (P3MSB)
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan
oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan semua teori yang
diperoleh, sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan agar mereka
memperoleh pengalaman dan ketrampilan lapangan dalam penyelenggaraan pendidikan
dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan lainnya. Kegiatan PPL meliputi
praktik mengajar, praktik administrasi, praktik bimbingan dan konseling, serta
kegiatan yang bersifat kokulikuler dan ekstra kulikuler yang berlaku di sekolah
atau tempat latihan lainnya.
Tujuan
P3MSB
adalah unit yang melaksanakan program pengembangan PPL dan media pendidikan
yang berbasis multimedia dan audio visual. Layanan P3MSB ditujukan untuk
masyarakat akademik dan masyarakat luas di bidang media pendidikan.
Pelaksanaan
dan Pengembangan program PPL bagi Mahasiswa PPL bertujuan untuk membentuk
mahasiswa praktikan agar menjadi calon guru dan tenaga kependidikan yang
profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berbasis kompetensi, yang
meliputi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan soaial. sedangkan
sasarannya adalah agar mahasiswa praktikan memiliki seperangkat pengetahuan,
ketrampilan, sikap dan kepribadian yang dapat menunjang tercapainya penguasaan
kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.
Diklat Media Pembelajaran
- Grafis
(chart, poster, komik strip, dll)
- Fotografi
- Overhead
Transparancy (write on transparancy, computer transparancy)
- Power
Point, Front Page
- Audio
Visual (VCD / DVD multimedia)
- Presentation
Skills
Diklat Program Video, TV dan Komputer
- Diklat
Program Video / TV (Penulisan Naskah, Kamera, Editing, Produksi)
- Diklat
Program Komputer (Coreldraw, Photoshop, Front Page, Animasi, dll)
- Diklat
Program Radio/TV (berita, talkshow, musik)
Pelayanan Pembelajaran dan Umum
a. Pelayanan
Pembelajaran:
- Mata kuliah Micro teaching
- Mata kuliah media
- Ketrampilan penggunaan alat dan
media
b. Pelayanan
Umum:
- Pembuatan media untuk presentasi
(pidato, seminar, ujian, dll)
- Pembuatan Video (company profile,
dokumenter, feature, seminar, ujian, dll)
c. Pelayanan
Produksi:
- Produksi media pembelajaran untuk mata kuliah
(OHTP, Power Point, Fotografi, VCD / DVD, dll)
- Produksi media pembelajaran untuk SD, SMP,
SMA dan SMK
- Overhead Transparancy
- Produksi untuk program TV
Secara
umum dapat dirumuskan bahwa kegiatan
P3MSB adalah (1) Merancang dan mengembangkan program PPL bagi mahasiswa. (2)
Merancang, memproduksi dan mendeseminasikan hasil produksi media pembelajaran.
(3) Mengembangkan media dan sarana pembelajaran untuk meningkatkan keefektifan,
efisiensi, kemenarikan proses pembelajaran. (4) Pelatihan penggunaan media
pembelajaran. (5) Pelatihan produksi media pembelajaran.
2. Pusat Pendidikan Pelatihan dan Pelayanan Bahasa (P4B)
Pusat
ini menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan pelayanan bahasa untuk kalangan
internal lembaga yang melayani kebutuhan akademik seluruh program studi yang
ada di IKIP PGRI Semarang maupun untuk melayani kebutuhan masyarakat umum baik
tingkat lokal, nasional maupun internasional.
Jenis Pelatihan:
a. Bahasa
Inggris
- General English
- English for Specific Purposes
- English for Business Executives
- TOEFL, TOEIC, dan IELTS
Preparations
- English for RSBI Teachers
- English for Immersion School
Teachers
- English for Teaching Young Learners
b. Bahasa
Asing Lain
- Kursus
Bahasa Arab dan Mandarin
- Kursus Bahasa Indonesia bagi
Penutur Asing (BIPA) dengan pengantar bahasa Inggris.
c. Kursus
Public Speaking dan Master of Ceremony (MC).
- MC Bahasa Indonesia
- MC Bahasa Inggris
- MC Bahasa Jawa
d. Kursus
Pranatacara
Jenis Pelayanan:
a. Test
TOEFL, TOEIC dan IELTS
b. Penerjemahan
c. Fasilitas
Laboratorium Bahasa
3. Pusat Konseling,
Psikologi dan Pengembangan Karir (PKPPK)
Setiap
individu merupakan sosok unik dengan beragam potensi, kemampuan maupun
problematika yang berbeda - beda. Meski demikian, setiap kita dapat menjadi
manusia yang SUKSES dan BAHAGIA! Namun kedua hal ini tak mungkin dicapai
sendiri tanpa mengenal dan memahami kondisi diri serta tanpa adanya stimulasi
yang sesuai dari orang-orang disekitarnya.
Pemetaan
dan pemahaman mengenai potensi dan problematika individu merupakan langkah awal yang dapat membantu
diri, orang tua, pihak sekolah, maupun perusahaan dalam mewujudkan
keberhasilan. Pusat BK, Psikologi dan Pengembangan Karir (PBKPPK) dapat
membantu dalam melaksanakan layanan-layanan berkaitan dalam memetakan dan memahami berbagai hal tersebut, diantaranya dengan memberikan
layanan pemeriksaan psikologis, konseling, pelatihan, workshop, parenting program, info dan pengembangan
karir.
Adapun perincian program layanan yang ditawarkan :
a. Psikotes
(IQ, Minat-Bakat, dan Penempatan).
b. Konseling
(Individu dan Kelompok)
c. Parenting
program
d. Pelatihan
dan Workshop bagi guru, peserta didik, orang tua, dan karyawan
e. Outbond
dan Family Outbond (Indoor & Outdoor)
f. Tes
seleksi
g. Pengembangan
karir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar