Jumat, 30 November 2012

LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PROFESI GURU


LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN
DAN PROFESI GURU
( LP 3 G)
IKIP PGRI SEMARANG







                Unesco telah mencanangkan empat pilar pendidikan , yang meliputi, "learning to know, learning to do, learning to be", dan "learning to live together". Dengan demikian pendidikan dapat dimaknai sebagi suatu usaha untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan dan berguna bagi kehidupan.

                Belajar sebagai suatu proses dalam pendidikan diharapkan menghasilkan perubahan dalam ranah kognitif, peningkatan kompetensi, serta pemilihan dan penerimaan secara sadar terhadap nilai, sikap, penghargaan, perasaan, serta kemauan untuk berbuat atau memberikan respon atas suatu stimulus. Pendidikan membekali manusia tidak sekedar untuk mengetahui, tetapi lebih jauh untuk terampil berbuat atau mengerjakan sesuatu sehingga menghasilkan sesuatu yang bermakna bagi kehidupan.

             


  Penguasaan pengetahuan dan keterampilan merupakan bagian dari proses menjadi diri sendiri (learning to be). Menjadi diri sendiri diartikan sebagai proses pemahaman terhadap kebutuhan dan jati diri. Belajar berperilaku sesuai dengan norma dan kaidah yang berlaku di masyarakat, belajar menjadi orang yang berhasil, sesungguhnya merupakan proses pencapaian aktualisasi diri. Dengan kemampuan yang dimiliki, sebagai hasil dari proses pendidikan, dapat dijadikan sebagai bekal untuk mampu berperan dalam lingkungan di mana individu tersebut berada, dan sekaligus mampu menempatkan diri sesuai dengan perannya. Pemahaman tentang peran diri dan orang lain dalam kelompok belajar merupakan bekal dalam bersosialisasi di masyarakat (learning to live together).

                Dalam upaya memenuhi empat pilar pendidikan tersebut di atas, pendidikan secara kelembagaan harus dikelola secara cerdas dan profesional. Proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan dalam pendidikan harus dilakukan secara sistemik dan sistematis serta diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

                Pencapaian tujuan pendidikan nasional tersebut tidak dapat diserahkan hanya kepada pemerintah saja, tetapi harus melibatkan seluruh komponen bangsa termasuk kalangan akademisi atau perguruan tinggi. Dalam upaya tersebut, IKIP PGRI Semarang selaku lembaga pencetak guru membentuk Lembaga Pengembangan Pendidikan & Profesi Guru (LP 3G)  sebagai sarana untuk berperan serta secara aktif. 

                Lembaga ini dibentuk sebagai perwujudan dari kesadaran untuk memenuhi 4 pilar pendidikan UNESCO dalam kerangka program Tri Dharma Perguruann Tinggi serta untuk melakukan kajian, evaluasi, analisis, dan interpretasi yang handal dan sahih agar pimpinan perguruan tinggi selalu dapat memperoleh gagasan dalam perencanaan pengembangan pendidikan, menyediakan layanan dan bantuan kepada staf akademik dan masyarakat pendidikan untuk peningkatan kemampuan dalam proses pembelajaran, dan bersama dengan unit kerja yang relevan melakukan evaluasi hasil dan proses pembelajaran yang ditujukan untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Sampai pada akhirnya, diharapkan lembaga tersebut dapat berfungsi sebagai point of reference dalam pengambilan kebijakan dalam hal mutu pendidikan, sistem, dan efektivitas kegiatan pembelajaran.

                LP3G IKIP PGRI Semarang berperan mendorong efektivitas dan optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi: 1) fungsi layanan (seperti layanan media, pelatihan, konsultansi pembelajaran, dan sebagainya); 2) fungsi produksi (pengadaan/pengembangan media pembelajaran); 3) fungsi penelitian dan pengembangan; dan 4) fungsi lain yang relevan dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran.


                Hal ini sejalan dengan visi IKIP PGRI Semarang untuk menjadi LPTK yang mampu mencetak guru professional dan berjati diri yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, professional dan sosial.

                LP3G IKIP PGRI Semarang merupakan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi di IKIP PGRI Semarang. Lembaga ini berada langsung dibawah Rektor IKIP PGRI Semarang. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi IKIP PGRI Semarang atau disingkat LP3G IKIP PGRI Semarang ini memiliki pusat-pusat pengembangan, yaitu :
1.            Pusat Pengembangan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Microteaching dan Sumber Belajar (P3MSB)
2.            Pusat Pendidikan Pelatihan dan Pelayanan Bahasa (P4B)
3.            Pusat Konseling, Psikologi dan Pengembangan Karir (PKPPK)

                Dari pusat-pusat pengembangan diatas, masing-masing memiliki tujuan dan program kerja yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan dan profesi.

Visi
Mewujudkan pendidikan yang bermutu dan profesional 

Misi
1.            Memberikan layanan konsultan peningkatan kapasitas kelembagaan institusi pendidikan dan pelatihan
2.            Memberikan layanan konsultan peningkatan kapasitas sumber daya manusia institusi pendidikan, pelatihan, dan umum
3.            Menyelenggarakan pelatihan dalam berbagai aspek di bidang pendidikan formal (sekolah, madrasah, perguruan tinggi), pendidikan luar sekolah, pendidikan usia dini, pendidikan masyarakat, dan umum
4.            Melakukan penelitian dan pengkajian bidang pendidikan dan pengembangan profesi
5.            Mensosialisasikan hasil-hasil kajian, penelitian dan sebagainya yang terkait dengan pengembangan pendidikan dan profesi dalam bentuk bahan cetak, compact disk, dan publikasi di media massa.
6.            Berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan motto IKIP PGRI Semarang, Melaju Dengan Mutu


Fungsi
-              Mengkaji, mengembangkan, dan menyelenggarakan pendidikan profesi kependidikan.
-              Mengkaji dan mengembangkan, kurikulum dan model-model evaluasi pendidikan profesi kependidikan.
-              Mengkaji, mengembangkan dan memberikan pelayanan media pendidikan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi profesi pendidikan dan tenaga kependidikan.
-              Mengkaji, mengembangkan dan memberikan pelayanan Psikologi,  Bimbingan konseling dan bursa kerja.
-              Mengkaji, mengembangkan dan menyelenggarakan pelatihan dan pelayanan bahasa.
-              Mengkaji, mengembangkan dan menyelenggarakan Program Pengalaman Lapangan.
-              Mengkaji, mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial bagi program pelatihan bidang kependidikan.

Tujuan
-              Mengembangkan pendidikan dan profesi guru dan tenaga kependidikan.
-              Mengembangkan jejaring kerjasama dengan instansi pendidikan dan non kependidikan.
-              Meningkatkan daya saing IKIP PGRI Semarang.
-              Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian bidang pendidikan dan profesi guru dan tenaga kependidikan.
-              Memberikan pelayanan dan pelatihan kepada dosen, mahasiswa, tenaga administrasi, dan masyarakat umum.
-              Memberikan pelayanan jasa konsultasi dan pendampingan kepada dosen, mahasiswa, tenaga administrasi, dan masyarakat pendidikan.
-              Mengembangkan research based instruction.

1.            Pusat Pengembangan PPL Microteaching dan Sumber Belajar-Mengajar (P3MSB)
                Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan semua teori yang diperoleh, sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan agar mereka memperoleh pengalaman dan ketrampilan lapangan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan lainnya. Kegiatan PPL meliputi praktik mengajar, praktik administrasi, praktik bimbingan dan konseling, serta kegiatan yang bersifat kokulikuler dan ekstra kulikuler yang berlaku di sekolah atau tempat latihan lainnya.
Tujuan
                P3MSB adalah unit yang melaksanakan program pengembangan PPL dan media pendidikan yang berbasis multimedia dan audio visual. Layanan P3MSB ditujukan untuk masyarakat akademik dan masyarakat luas di bidang media pendidikan.
                Pelaksanaan dan Pengembangan program PPL bagi Mahasiswa PPL bertujuan untuk membentuk mahasiswa praktikan agar menjadi calon guru dan tenaga kependidikan yang profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berbasis kompetensi, yang meliputi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan soaial. sedangkan sasarannya adalah agar mahasiswa praktikan memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan, sikap dan kepribadian yang dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.
Diklat Media Pembelajaran
-              Grafis (chart, poster, komik strip, dll)
-              Fotografi
-              Overhead Transparancy (write on transparancy, computer transparancy)
-              Power Point, Front Page
-              Audio Visual (VCD / DVD multimedia)
-              Presentation Skills

Diklat Program Video, TV dan Komputer
-              Diklat Program Video / TV (Penulisan Naskah, Kamera, Editing, Produksi)
-              Diklat Program Komputer (Coreldraw, Photoshop, Front Page, Animasi, dll)
-              Diklat Program Radio/TV (berita, talkshow, musik)

Pelayanan Pembelajaran dan Umum
a.            Pelayanan Pembelajaran:
                -              Mata kuliah Micro teaching
                -              Mata kuliah media
                -              Ketrampilan penggunaan alat dan media
b.            Pelayanan Umum:
                -              Pembuatan media untuk presentasi (pidato, seminar, ujian, dll)
                -              Pembuatan Video (company profile, dokumenter, feature, seminar, ujian, dll)
c.             Pelayanan Produksi:
                -  Produksi media pembelajaran untuk mata kuliah (OHTP, Power Point, Fotografi, VCD / DVD, dll)
                -  Produksi media pembelajaran untuk SD, SMP, SMA dan SMK
                -              Overhead Transparancy
                -              Produksi untuk program TV
                Secara umum dapat  dirumuskan bahwa kegiatan P3MSB adalah (1) Merancang dan mengembangkan program PPL bagi mahasiswa. (2) Merancang, memproduksi dan mendeseminasikan hasil produksi media pembelajaran. (3) Mengembangkan media dan sarana pembelajaran untuk meningkatkan keefektifan, efisiensi, kemenarikan proses pembelajaran. (4) Pelatihan penggunaan media pembelajaran. (5) Pelatihan produksi media pembelajaran.

2. Pusat Pendidikan Pelatihan dan Pelayanan Bahasa (P4B)
                Pusat ini menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan pelayanan bahasa untuk kalangan internal lembaga yang melayani kebutuhan akademik seluruh program studi yang ada di IKIP PGRI Semarang maupun untuk melayani kebutuhan masyarakat umum baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Jenis Pelatihan:
a.            Bahasa Inggris
                -              General English
                -              English for Specific Purposes
                -              English for Business Executives
                -              TOEFL, TOEIC, dan IELTS Preparations
                -              English for RSBI Teachers
                -              English for Immersion School Teachers
                -              English for Teaching Young Learners

b.            Bahasa Asing Lain
                -              Kursus Bahasa Arab dan Mandarin
                -              Kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan pengantar bahasa Inggris.
c.             Kursus Public Speaking dan Master of Ceremony (MC).
                -              MC Bahasa Indonesia
                -    MC Bahasa Inggris
                -    MC Bahasa Jawa
d.            Kursus Pranatacara

Jenis Pelayanan:
a.            Test TOEFL, TOEIC dan IELTS
b.            Penerjemahan
c.             Fasilitas Laboratorium Bahasa

3.  Pusat Konseling, Psikologi dan Pengembangan Karir (PKPPK)
                Setiap individu merupakan sosok unik dengan beragam potensi, kemampuan maupun problematika yang berbeda - beda. Meski demikian, setiap kita dapat menjadi manusia yang SUKSES dan BAHAGIA! Namun kedua hal ini tak mungkin dicapai sendiri tanpa mengenal dan memahami kondisi diri serta tanpa adanya stimulasi yang sesuai dari orang-orang disekitarnya.
               
                Pemetaan dan pemahaman mengenai potensi dan problematika individu  merupakan langkah awal yang dapat membantu diri, orang tua, pihak sekolah, maupun perusahaan dalam mewujudkan keberhasilan. Pusat BK, Psikologi dan Pengembangan Karir (PBKPPK) dapat membantu dalam melaksanakan layanan-layanan berkaitan dalam  memetakan dan memahami berbagai  hal tersebut, diantaranya dengan memberikan layanan pemeriksaan psikologis, konseling, pelatihan, workshop,  parenting program, info dan pengembangan karir.

Adapun perincian program layanan yang ditawarkan :
a.            Psikotes (IQ, Minat-Bakat, dan Penempatan).
b.            Konseling (Individu dan Kelompok)
c.             Parenting program
d.            Pelatihan dan Workshop bagi guru, peserta didik, orang  tua, dan karyawan
e.            Outbond dan Family Outbond (Indoor & Outdoor)
f.             Tes seleksi
g.            Pengembangan karir






Tidak ada komentar:

Posting Komentar